Sejarah "Ngantor" di Labkom 2

Tulisan ini dibuat ketika aku lagi selo dan kepikiran, "Perasaan sekarang lab 2 udah beda banget ya dari yang dulu". Lalu aku tergerak buat tulis aja sejarahnya, supaya nggak lupa.

2019: Lab Fisika Itu Berubah Jadi Labkom 2 dan Labkom 3

Supaya jelas, semua bermula dari awal masuk jadi guru SMA 2 pada tahun 2019. Sebagai guru baru, waktu itu aku dan teman-teman CPNS baru diberi meja di ruang guru oleh waka Sarpra, pak Fat. I did love my old "meja guru". Tempatnya di paling depan, sebelahan sama komputer ruang guru. Kalau bu Yayuk lagi main game, aku sering diajak cerita-cerita.

Sekitar akhir tahun 2019 atau awal tahun 2020 (agak lupa), ruangan yang  tadinya satu ruang Fisika dan sangat luas disekat dibagi dua supaya jadi ruang labkom 2 dan 3. Ini karena tahun-tahun itu masih ada UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer, -red). Lab Fisika dialihfungsikan jadi labkom supaya UNBKnya lebih banyak ruang, karena 1 ruang UNBK maksimal hanya 40an kalau nggak salah. Jadi lebih baik kuantitas ruang labnya yang ditambah daripada hanya satu lab walaupun luas. Cmiiw.


2020: Pembelajaran Daring di Masa Covid

Qadarullah, tahun 2020 muncul Covid-19. Padahal saat itu Ujian Sekolah saja baru berlangsung setengah jalan. Oleh alm Bu Nur selaku waka Kurikulum, segala kegiatan akademik daring segera dipersiapkan.

Sebagai guru TIK, aku diberi kepercayaan oleh bu Nur untuk terlibat. Selain aku, kebetulan guru-guru muda yang lain yang digerakkan untuk mengomando pembelajaran daring. Pak Ipul, bu Ana, bu Ayuk, pak Surya, pak Ari, bu Kristin, dll.

Karena pembelajaran daring membutuhkan perangkat komputer, jadilah aku, pak Ipul, dan bu Ana sering ke labkom 2. Waktu itu labkom 2 masih sepi, nggak sering dijamah orang. Kalau kerja di labkom 2, kita bisa social distancing. Hoho, pas sekali bukan dengan anjuran pemerintah.

Seiring berjalannya waktu, labkom 2 semakin sarat akan fungsi. Rapat panitia PAS daring, print rapor, tempat menyimpan rapor, tempat aku semedi ketika bikin SIESANDRA, jadi kantornya pak Ari selaku bendahara BOS, jadi kantornya bu Ayuk selaku bendahara BOP, kantor sementaranya bu Ana sebelum ke ruang dapodik, tempat pak Surya mantengin saham, dan masih banyak lagi cerita lainnya.




2022: Tambah Personil

Menjadi habit, akhirnya setiap pagi alih-alih duduk di meja ruang guru, aku justru melangkah ke labkom 2. 

Tahun 2022 adalah masa-masa aku habis lahiran sekaligus PPG. Pak Ari, bu Ayuk, bu Fitri, dan bu Dian Era juga PPG kala itu. Bu Fitri dan bu Dian Era setiap harinya jadi ke labkom 2 untuk zoom PPG. 

Bersamaan dengan masa-masa PPG, sekolah sedang dalam proses mengurus akreditasi Perpustakaan. Suatu kesibukan yang menyita waktu dan tenaga. Usai segala proses akreditasi Perpustakaan, bu Dian Indri dan bu Azizah jadi sering ke labkom 2 juga.

Post test PPG di labkom 2



2023-2024: Komunitas Berbagi Praktik Baik

Nggak tahu bagaimana jalan ceritanya, tiba-tiba labkom 2 punya member tetap. Pak Zen, bu Ayuk, pak Ari menempati meja di ruangan dalam karena punya banyak berkas-berkas penting. Aku menempati meja depan karena ada komputer server SIESANDRA. Bu Azizah, bu Dian Indri, bu Fitri, bu Dian Era, pak Surya punya tempat favorit masing-masing.

Witing tresno jalaran saka kulino, kami pun akrab karena terbiasa bertemu di satu ruangan. Pembahasan harian nggak jauh-jauh dari: mau makan siang apa?, bu Ayuk pergi, mau titip apa?, nyariin jodoh buat pak Surya (sebelum pak Surya kemudian bosen, terus jarang ke lab 2 lagi :v ), wacana diet, dll.

Akhir tahun 2023, ruangan dirombak lagi karena ruang sebelah (ex labkom 3) akan dijadikan ruang kelas. 

Beberapa hari sebelum labkom 2 dirombak. Bonus momen ngerjain deadline laporan Inspektorat.

Laporan… laporan…



Proses perombakan

Perjuangan Pak Ari memasang jam

Di tahun 2024 bulan Juni, seperti ini penampakan labkom 2. Pak Djoni sekarang turut bergabung di ruangan. Setiap hari pak Djoni harus sabar-sabar mendengar (walaupun mungkin aslinya kalau bisa nggak dengar, mending nggak dengar aja kali ya) obrolan random emak-emak. Mulai dari curhat rumah tangga, update berita seleb, sampai berbagi praktik baik.

Kira-kira akan jadi bagaimana labkom 2 di masa mendatang? Who knows.

Rutinitas pagi: sarapan

Sepi ditinggal penghuninya workshop PRESISI




Post a Comment

1 Comments

  1. terimakasih bu disma lengkap ceritanya, dilanjutkan partnya

    ReplyDelete